Sync workout amazfit bip ke strava dan Nike+ Run Club (NRC)

Demi mendukung kegiatan lari saya (padahal sih karena kepkengen aja), kira-kira tiga bulan lalu saya putuskan buat beli amazfit bip. Smartwatch kasta termurah yang support GPS demi bisa ngukur dan ngitung pace lari tanpa perlu ribet-ribet bawa smartphone. Sedikit kesan saya pada smartwatch ini sih ringan, kecil, cocok buat ukuran tangan saya yang gak gede-gede banget, terus yang paling wow adalah ketahanan batrenya. Dengan sekali charge yang cuma butuh sekitar 2 jam, amazfit bip mampu bertahan hidup sekitar sebulan. Malah di spek bilang kuat sampe 45 hari standby. Untuk ketahanan terhadap air, amazfit bip ini cukup aman kok, gak alergi sama air, lha wong sudah IP68. Satu lagi yang bikin amazfit bip ini keren, yaitu custom watchface yang berlimpah. Jadi kita gaka akan bosen sama tampilan/tema smartwatch kita. Untuk cara ganti custom watchface nanti deh di artikel terpisah kalo gak males nulis 😀

IMG_20180322_172126_HDR

Di package penjualan hanya berisi smartwatch, buku panduan, dan docking charger tanpa adaptor (kepala charger). Nah, sedikit saran dari saya, lebih baik charge dengan charger dengan output kecil aja mungkin 500-1000 mah. Biar awet aja sih nanti batrenya, toh kapasitas batrenya juga kecil yaitu 190mAh.

IMG_20180405_124022

IMG_20180322_181333

Nah, lanjut untuk ketepatan pengukuran. Saya rasa amazfit bip ini cukup akurat, terbukti ketika beberapa kali saya ikut event lari jaraknya hampir tepat sama yang ada di petunjuk lomba. Yang jelas kalo sebelumnya biasa pakai aplikasi Nike+ Running Club (NRC) untuk ngukur jarak, harus nambah lagi jarak larinya biar bisa sesuai di amazfit. Misalnya gini, saya pernah pakai amazfit bip dan NRC di smatrphone secara bersamaan. Hasil di NRC menunjukan 5,6 Km sedangkan di amazfit tepat 5,0 Km.

IMG_20180327_104053

Kalo udah lama pake NRC, terus pindah ke amazfit, rekor kilometer di NRC jadi gak nambah dong, sayang sekali loh. Padahal salah satu yang bikin termotivasi lari ya liat-angka-angka di NRC ini. Karena pada dasarnya amazfit gak bisa di sync ke NRC. Setelah berpusing-pusing cari cara, akhirnya saya nemu nih caranya. Walaupun agak ribet, tapi hasilnya bikin bahagia, hehe.

Oke, jadi gini nih caranya. Banyak aplikasi yang dipake buat sync amazfit ke NRC atau paling gak ke STRAVA. Yang pertama adalah aplikasi Mifit untuk narik data dari smartwatch ke smartphone kita. Ini adalah basic data yang pertama karena kalopun kita gak mau sync hasil lari ke NRC kita tetep butuh app ini buat liat hasilnya.

Screenshot_2018-07-17-11-10-36-749_com.xiaomi.hm.health

Yang kedua adalah app Notify & Fitness for amazfit. Di aplikasi ini kita harus sync dari MiFit ke Notify & Fitness. Pada dasarnya aplikasi ini gratis, tapi untuk bisa sync ke app pihak ke 3, kita harus bayar demi fitur premiumnya. Saya sendiri pakai app ini bayar 2 tahap, pertama bayar untuk fitur pro sekitar 30 ribu-an rupiah, terus untuk fitur premium bayar lagi juga dengan sekitar 30 ribu-an rupiah. Jadi, nanti setelah selesai sync dari MiFit, maka akan muncul hasil lari kita di menu workout, nah di situ kita bisa konek sync ke app pihak ke 3 yang mana disini saya sync ke Strava.

Screenshot_2018-07-17-11-10-08-779_com.mc.amazfit1

Screenshot_2018-07-17-11-10-18-438_com.mc.amazfit1

Oke selesai tahap itu masih ada lagi nih, yaitu dengan app SyncMyTrack. App ini untuk apa? ya untuk sync dari strava ke NRC. Caranya adalah dengan buka menu Export Impor, lalu login ke akun strava dan nrc. Ikuti prosesnya dan huwala, sampe deh data dari amazfi ke NRC. Lagi-lagi, app ini juga berbayar, yaitu 47 ribu rupiah aja.

Memang sih, agak ribet. Gak segampang kalo kalian pake smartwatch semacam Garmin yang bisa langsung sync ke strava/nrc. Beda harga doong, kalo mau gampang ya pakai aja garmin yang harganya jutaan, hwehehehee.

Advertisements

4 thoughts on “Sync workout amazfit bip ke strava dan Nike+ Run Club (NRC)

  1. terimakasih pencerahannya Mas
    dr tulisan Mas, lalu saya coba dari Mifit – google fit – SyncMyTrack – NRC ternyata bisa mas… prosesnya hanya syncmytrack, krn Mifit ke googlefit sudah otomatis
    jadi kemungkinan besar bisa juga dari Amazfit BIP .
    Nt sy coba, soalnya baru punya Amazfit BIPnya sehari 🙂

  2. mas, hasil sync dr mi fit ke strava nya kok bisa beda yha?? saya sdh pakai notify & *** tp misalnya hasil cycling saya dr 3jam an gitu masuk ke strava jd 5jam an saya cek ternyata pas auto pause di bip masuk kehitung juga di strava, pdhl stravanya sdh saya set auto pause juga.. pernah ada kendala gt juga mas?? mohon pencerahannya mas.. trima kasih

    1. Bip ke strava memang selalu ada gap. Tapi sepengalaman saya gapnya cuma beda detik (kalo lari) dan kalo sepeda kalopun ada gap paling semenit 2 menit.
      Mungkin pengaruh di auto pause. Fitur auto pause di bip memang sengaja saya matikan sejak awal beli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s