My first running event.

Seperti di tulisan saya sebelumnya, belakangan saya lagi seneng-senengnya lari. Minimal seminggu 2 kali saya lari dengan jarak tempuh lari sekitar 3-5 km per sesi lari. Kebetulan dapet info dari teman-teman pecinta lari dan juga sosial media, tanggal 11 maret 2018 akan ada event lari 5k dari dental project di yogyakarta. Tanpa pikir panjang saya dan temen-temen kantor ger-cep daftar event ini. Awalnya ya ada beberapa temen yang ragu, jarak 5 km untuk orang yang belum terlatih ya lumayan juga. Tapi iming-iming medali dan jersey event sukses bikin kami semua ikutan event ini.
Acara tanggal 11 Maret 2018 dimulai pukul 05.30 untuk sesi registrasi ulang. Karena jarak rumah saya dengan lokasi event yaitu titik 0 km kota Yogyakarta cukup jauh saya mulai berangkat dari rumah sekitar pukul 05.00. Dan 20 menit kemudian saya sudah sampai di lokasi, segera registrasi ulang dan ternyata lokasi sudah penuh oleh para peserta lari. Gak lama kemudian panitia mengumumkan untuk berkumpul demi dimulainya pemanasan bersama biar nanti pas lari tidak terjadi cidera atau hal yang tidak diinginkan lainnya.
Oiya, selama sesi pemanasan, panitia menyediakan minuan isotonik untuk para peserta, tujuannya biar para peserta lari nggak dehidrasi. Tapi karena saya sebelum berangkat sudah minum cukup banyak air putih, saya gak minum isotonik dari panitia. Ya karena takut perut saya sakit pas lari kalo jarak waktu minum dengan lari terlalu dekat juga sih.
Tepat 06.15 lari pun dimulai, tapi didetik-detik akhir saya sempatkan buat aktifkan aplikasi NIke+ Run Club sama Spotify. Entah kenapa lari sambil dengar musik selalu nambah power tersendiri. Dan aplikasi NRC sendiri jadi apps buat nambah motivasi saya lari, karena dengan waktu yang terukur saya bisa bikin target untuk diri saya sendiri, hehe.
Ternyata start saya gak didepan, karena di barisan depan udah penuh duluan. Termasuk agak dibelakang lah, terbukti pas lari dimulai di awal-awal kilometer pertama saya melihat rombongan panjang didepan saya. Agak terbawa suasana juga sih, rasa-rasanya pingin nambah kecepatan lari biar bisa sampe ke depan. Belum lagi ada beberapa orang yang belum seberapa jauh lari udah mulai jalan. Tapi ya akhirnya sadar sih, kalo saya push di awal ujung-ujungnya di kilometer terakhir udah kehabisan nafas.
Untung di kilometer 2,5 ada water station, setelah tenggorokan “terairi” rasanya ada sedikit energi tambahan setelah sedikit push di awal tadi. Di kiloeter ke 3, udah mulai banyak peserta yang jalan jadi sedikit-demi sedikit saya jadi ada di rombongan “agak” depan.
Dengan sedikit mempertahankan motivasi dari godaan jalan kaki di kilometer akhir, akhirnya saya finish juga. Begitu finish saya langsung dikalungi medali dan dikasih sebotol minuman isotonik dingin sama mbak-mbak panitia, hehe. Jadi seger lagi deh. Sambil duduk lurusin kaki saya cek kembali aps NRC, ternyata di apps tercatata jarak tempuh saya 5.40 KM, avg. pace 6’57” dengan durasi 37 menit 33 detik. Lumayan lah, di race day ternyata pace saya bisa nyangkut di angka 6 sekian padahal biasanya saya  lari di pace 7 sekian. Mungkin karena kondisi lomba yang ramai dan menyenangkan, kecepatan lari saya jadi bertambah.
Kira-kira setelah semua peserta finish, peserta dibiarkan istirahat sebentar sambil diselingi acara tanya jawab dari panitia. Selesai acara tanya jawab dan kuis-kuis ringan, acara dilanjut dengan senam zumba. Waah ternyata setelah lari 5 km masih banyak yang semangat ikut senam zumba. Kalau saya sih pilih duduk selonjoran aja sambil nonton yang pada senam.
Ternyata event lari begini bener-bener fun, saya jadi ketagihan rasanya. Semoga di event berikurnya saya bisa lebih siap lagi, pace bisa lebih kecil lagi angkanya.
Adios……
Advertisements

6 thoughts on “My first running event.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s