Rawatlah helm-mu

Helm bersih, aman, nyaman.

Helm merupakan salah satu piranti penting bagi para pengguna sepeda motor. Karena ketika bersepeda motor, kontak fisik dengan lingkungan sekitar adalah hal yang pasti. Berbeda dengan berkendara dengan mobil yang bisa dibilang lebih aman. Maka dari itu, helm memiliki peranan penting bagi para pengendara sepeda motor demi keselamatannya.

Di pasaran secara umum ada 2 tipe helm, yaitu helm yang menutupi sebagian kepala (half face) dan helm yang menutupi seluruh bagian kepala (full face) seperti yang biasa digunakan para pembalap.
Nah, mana yang cocok untuk anda tergantung kebutuhan dan kenyamanan anda masing-masing.

Kenyamanan tidak hanya dilihat dari bentuk/tipenya tadi. Tapi juga dari segi kebersihan dan tentunya

perawatan. Saya tertarik membahas mengenai perawatan helm, karena saya yakin sebagian besar pengendara sepeda motor jarang merawat helmnya. Mungkin karena kesibukannya masing-masing.

Helm nyaman tidak melulu karena helm itu helm mahal, tapi karena helm itu bersih. Coba ketika kita pinjam helm teman misalnya, tapi helm itu dekil juga bau. Pasti gak akan nyaman pakainya.

Agar helm kita bersih, awet, juga gak bau berikut beberapa cara merawatnya.

Menjaga kebersihan helm

Salah satu perawatannya adalah dengan menjaga kebersihannya. Yaitu dengan membersihkan bagian luar dan dalam helm secara berkala. Untuk bagian luar, saya biasa menggunakan lap kanebo dan kain micro fiber. Dengan sedikit membasahi kanebo usap perlahan permukaan, setelah agak kering usap kembali permukaan helm dengan kain microfiber. Bisa juga ditambah dengan wax agar permukaan helm lebih mengkilap. Disini saya menggunakan microfiber, bukan sembarang kain. Kenapa? karena dengan  permukaan microfiber yang lembut tidak akan menimbulkan goresan-goresan halus di cat helm, berbeda dengan ketika anda menggukan kain / lap biasa yang cenderung kasar. Untuk noda yang membandel, gak ilang walau dilap kain basah bisa dibersihkan dengan menggunakan minyak kayu putih. Oles-oles sedikit minyak kayuputih, gosok perlahan kemungkinan besar noda akan hilang.

Untuk bagian dalam saya selalu melepas busa bagian pipi (cheek pad) dan juga bagian atas (crown). Helm standar sekarang rata-rata sudah ada fitur ini kok, jadi hampir semua helm standar bisa dilepas busanya. Setelah dilepas, rendam busa dengan shampoo atau sabun bayi. Jangan menggunakan detergen bubuk karena menurut saya terlalu keras untuk busa helm dan kadang aromanya justru tidak sedap ketika sudah selesai dicuci (CMIIW ya). Rendam dan sikat dengan lembut bagian-bagian yang dirasa kotor lalu keringkan dengan pengering mesin cuci. Bagian ini cukup penting, usahakan dikeringkan dengan mesin pengering agar ketika dijemur bisa betul-betul kering. Jika tidak kering sempurna, bukannya wangi nanti helm akan berbau apek.

Terakhir untuk bagian visor (kaca) helm. Sebaiknya juga dilepas agar bisa mudah membersihkannya. Cuci visor dengan sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel lalu lap dengan kanebo. Setelah kering lap kembali dengan kain microfiber. Perlu diingat untuk tidak mengelap visor ketika ada kotoran yang mengering karena bisa dipastikan akan menimbulkan goresan.

Penyimpanan helm

Ada beberapa hal yang perlu dipehatikan ketika menyimpan helm. Terutama setelah dipakai hujan-hujanan sebaiknya jangan disimpan ditempat lembap seperti di dalam lemari. Lebih baik disimpan di rak terbuka agar sirkulasi udara tetap terjaga. Hal ini guna menghindari jamur dan mikroorganisme yang bisa tumbuh dan berkembang di helm anda. Resiko ketika disimpan di rak terbuka adalah debu, maka dari itu perlu diingat untuk dibersihkan dari debu juga secara berkala.

Terakhir, jika perlu gunakanlah penutup kepala atau balaclava agar helm anda tidak mudah kotor dan bau. Karena balaclava akan lelbih menyerap keringat ketika kita berkendara sambil panas-panasan.

Advertisements

2 thoughts on “Rawatlah helm-mu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s