Adiós Motogp 2016, Grasias.

pa2072510-0008

Motogp musim 2016 berakhir sudah. Sirkuit Ricardo Tormo Valencia  menjadi penutup seri ajang balap roda dua paling bergengsi ini. Season ini ditutup dengan Marc Marquez sebagai juara dunia, Valentino Rossi sebagai runner up dan Jorge Lorenzo menjadi pelengkap di posisi ketiga.

Perubahan besar di regulasi yang menggunakan ECU yang seragam dan penggunaan suplier ban baru yaitu Michelin menjadikan Motogp season ini menjadi sangat menarik dan unpredictable. Terbukti dengan adanya 9 juara yang berbeda di season ini. Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Andrea Dovisiozo, Andrea Ianone, Maverick Vinales, Jack Miller, Cal Crutchlow, dan Dani Pedrosa adalah juara di beberapa seri di musim ini.

pa2072425-0008

Kondisi seperti ini jarang terjadi setidaknya satu dekade terakhir ini. Dimana biasanya dalam satu musim juaranya tidak terlepas dari 4 pembalap alien yang hampir selalu ada di urutan teratas. Hal ini membuktikan bahwa musim 2016 ini adalah salah satu musim motogp paling kompetitif.

Di seri Valencia ini juga menjadi ajang balap perpisahan bagi beberapa pembalap. Karena ini adalah balapan terakhir mereka di tim mereka saat ini. Jorge lorenzo sendiri memberikan kejutan dimana ia pindah dari tim Yamaha yang sudah dibelanya selama 9 tahun ke tim pabrikan asal Italia yaitu Ducati Team. Slot kosong di Yamaha kemudian diisi oleh Maverick Vinales yang pindah dari Tim Suzuki. Lalu Andrea Ianone yang Pindah ke Tim Suzuki setelah tempatnya di Ducati Team diisi oleh Lorenzo. Ada juga Bradley Smith yang mengisi slot di Tim Baru Motogp musim depan yaitu KTM.

15068528_10154254542108822_4405443127219669069_o

Banyak hal mengharukan yang terjadi di akhir balapan Valencia kemarin, karena banyak perpisahan pembalap dengan tim  yang telah dibelanya selama setidakmya dua musim sebelumnya. Tentu saja tim sudah seperti keluarga bagi para pembalap karena mereka telah bekerja dan berjuang bersama untuk meraih kemenangan di balapan motogp.

Finally, terima kasih untuk musim 2016 yang luar biasa. See you next season.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s