Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Sebenernya udah lama penasaran sama tempat ini. Pengen kesini tapi belom ada yang diajak bareng, bukan karena jomblo sih, tp karena emang gak ada aja. Haha. Sampe akhirnya weekend kemarin temen-temen Helmet Lovers Jogja ngajak buat sunmori kesana.

Air terjun kedung pedut. Sama kayak lokasi wisata di Kulon Progo lainnya tempat ini akhir-akhir ini booming. Apalagi yang jadi biang keroknya kalo bukan sosmed. Dari hasil ngobrol-ngobrol sama bapak-bapak penjaga disini pengunjung yang dateng waktu week end bisa sampai sekitar 1000an orang dilihat dari jumlah tiket yang terjual.

IMG_20160821_073927

Untuk menuju ke kedung pedut sangat mudah. Dari kota jogja langsung menuju ke jalan godean. perjalanan di lanjutkan ke arah barat arah nanggulan kulon progo. Sampai di nanggulan masih lurus naik ke pegunungan ke arah goa kiskenda, setelah goa ambil kiri. Sekitar 5 kilometer dikiri jalan pengunjung akan menemukan papan petunjuk menuju ke kedung pedut. Dari jogja kota ke tempat ini kira-kira 1 jam perjalanan.

IMG-20160821-WA0059

Karena rombongan kami berangkat jam 6 pagi, sampai sana suasana masih sepi. Bahkan loket masuk pun belum buka. Baru ada penjaga parkir yang berbaik hati mengijinkan kami untuk masuk dulu. “Bayarnya nanti aja mas, pulangnya.” Mantap sekali masnya ini. Tanpa buang-buang waktu langsung deh jalan ke curugnya. Dari loket masuk ke curug kira-kira 200meter dengan jalan setapak yang terus nanjak. Khas jalanan menuju air terjun.

IMG_20160821_074909

Menurut bapak penjaga, air disini bisa berubah warna tergantung cuaca. Biru turquois, abu-abu, dan keruh. Pagi itu aliran air di curug bening banget, dingin, seger banget lah khas air pegunungan.

Di lokasi sendiri ada beberapa kedung seperti Kedung Merak, Kedung Merang, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Anyes dan kedung pedut itu sendiri. Kedung  tersebut bertingkat-tingkat, itu yang bikin suasana makin syahdu dengan gemericik suara airnya. *Tsaahhh*

IMG_20160821_075204

Nah, di kedung pedut ini lah yang boleh untuk mandi, karena di bagian ini kedalaman air mencapai 2 meter. Air yang bening kebiru-biruan menggoda temen-temen saya buat nyebur karena ternyata mereka udah siap bawa baju ganti. Puas main air dan tentunya poto-poto akhirnya kami cukupkan main-main hari itu karena perut udah mulai kerasa laper. Sekitar jam 9 pagi kami lanjut perjalanan kami mencari kitab suci tempat sarapan.

IMG_20160821_075650

IMG_20160821_081645

Buat yang mau kesana , menurut saya lebih bagus kalo dateng di musim kemarau, karena  walaupun debit air gak begitu besar tapi airnya bening. Jadi lebih seger kalo buat main air.

IMG_20160821_075747

Advertisements

5 thoughts on “Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s