Winglets?

Motor kok pake sayap? Mau terbang kah?
Pastinya banyak orang yang berpikir demikian ketika melihat motor motogp sekarang, terutama Ducati Motogp.
Apa sih maksud engineer motogp masang sayap di motor? Yang pasti bukan hal sembarangan dan asal asalan ketika mekanik mengaplikasikan sayap di bagian fairing motor motogp.
Sudah jelas hal ini terkait dengan aerodinamika. Seperti halnya pada mobil balap F1, winglets berfungsi untuk menambah downforce mobil agar tetap menempel pada aspal. Begitupun pada motor motogp, dipasang guna menambah downfore pada motor, terutama sektor ban depan.
image

Wheelie adalah masalah besar pada motor bertenaga sangat besar. Berbagai macam hal dilakuan untuk mengatasinya. Pemasangan anti-wheelie pada settingan elektronik motor salah satunya, bahkan dengan adanya elektronik itupun rider harus tetap bisa mengontrol throttle agar motor mereka tidak kehilangan tenaga akibat wheelie.
image

Dengan adanya winglet, banyak rider mengakui sedikit membantu mengatasi wheelie, dan juga menambah daya cengkram bagian depan pada area corner.
Penambahan winglets bukan tanpa resiko. Bukan tidak mungkin ada rider yang cidera karena ketika crash ada kontak langsung dengan winglets. Oleh karenanya, Dorna sendiri pada pertengahan musim 2015 lalu mengeluarkan regulasi mengenai pemasangan winglets terutama mengenai bahan dan ukurannya.
image

Kalau nanti winglet sudah menjadi barang yang lazim pada motor motogp, mungkin kah nanti penggunaan piranti ini juga akan berlaku pada motor streetbikes? Mungkin saja, karena teknologi balap yang sudah-sudah pada akhirnya juga di aplikasikan pada motor streetbikes.
Jadi jangan heran kalau nanti kedepan banyak motor bersayap lalu lalang di jalan raya, hehee…

Advertisements

4 thoughts on “Winglets?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s