Oldschool Monsters

Berawal dari keisengan saya stalking di instagram, sekarang saya jadi jatuh cinta sama mesin-mesin tua jepang yang badass.
Akun @old_gun_boy punya orng jepun yang rajin posting kuda besinya honda vfr400 lawas yang masih cantik aduhai sampai sekarang, bikin saya penasaran dengan kuda besi satu ini.
Sekilas sih keliatan kuno gak kelas, tp buat saya beeuhhhh, mantep banget. Clasic, elegan, tapi sporty. Tunggangan macam gini bikin saya inget sama motor-motor kotaro minami jaman dulu.

kotaromi

kotaromi feat GSX-R250

Dari situ saya jadi penasaran sama monster-monster tua di zaman itu, seperti ini :

Honda VFR400 (80’s sampai 90’s)

vfr400

Nah, ini dia motor yg awalnya bikin saya penasaran soal monster tua bikinan jepang. Aura racing-nya kentel banget. Bahkan soal disain mungkin motor sport memang gak akan lekang dimakan waktu. Terbukti si NC30 ini masih tetep ganteng sampai sekarang.

Mesinnya sudah mendukung 4 Silinder Konfigurasi V-4 90 Derajat plus Gear-Driven Camshaft . Mesin ini diklaim Honda mampu memuntahkan Power Hingga 60HP @ 12.500 RPM & Torsi 40 N.m @ 10.000 Rpm . Gak cuma itu saja, Framenya juga sudah mengadopsi Full Alumunium Twinspar layaknya Moge High-Technology di era Modern. Yang membuat lebih dan lebih melirik mata selanjutnya yaitu konstruksi swing-arm nya ! Bisa dilihat si VFR400 ini sudah menggunakan Alumunium Swing-Arm Model Mono-Arm.

 

Yamaha TZM

tzm-8

Lahir sekitar tahun 1996-1998, motor 2 stroke 150 cc ini diklaim punya power 35,3 HP pada putaran 10.500 Rpm . Dilengkapi Yamaha Power Valve System (YPVS), Karburator Spesial VM30SS yang dibekali Powerjet buatan Mikuni asal Jepang, berat kosong hanya 119 Kg. Jadi nggak heran motor ini bisa lari sampe 160kpj dengan mudahnya. Sama seperti VFR400 diatas, disain motor ini juga gak lekang dimakan zaman, masih tetep ganteng sampai sekarang.

 

NSR 250 SERIES

nsr250

Honda NSR 250 merupakan salah satu fastest bike pada masanya, motor yang diproduksi sejak tahun 1985 sampai dengan 1999 ini, pernah mendapat predikat the best motorcycle in the world dibeberapa negara Asia, Amerika dan tentunya Jepang sendiri, sebagai negara produsen. Jika diliatΒ  lebih dalam, Honda NSR 250 adalah motor hasil replika dari MotoGP 250 eranya Freddie Spencer, yang kemudian ditranslasikan untuk kepentingan penjualan speed motorcycle oleh HRC.
Suzuki GSX-R250
1987_gsx-r250_450

GSX-R250 memiliki Box-frame (masih baja, belum aluminium), full fairing, Full-floater lengan ayun belakang dan 4-silinder 4-stroke engine, lagi-lagi sudah DOHC, bisa nyemburin power setara 45Hp pada 14.000rpm, dan torsi 24Nm pada 10.500rpm, top speed bisa lebih dari 200Kph, luar biasa untuk motor sekelas 250cc 4tak, bandingin aja sama ninja 250/ CBR 250 keluaran sekarang, palingan power max cm sekitar 30HP, jauh ya. Dengan memakai kaki-kaki 17-inch cast wheel dan 300 mm double disc brake di depan, sudah sangat mumpuni untuk kelas sportbike bermesin 250cc. Gak heran kotaro minami dulu milih si bengis ini buat kejar monster, hehe.. πŸ˜€

 

Itulah beberapa monster tua yang bikin saya kesengsem. Seperti kata pepatah, yang perawan (baru) mungkin menawan tapi yang janda (tua) tak kalah menggoda. πŸ˜€

Advertisements

8 thoughts on “Oldschool Monsters

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s