Yuk, kenal lebih dekat helm kita

Bagi kita yang suka riding tunggangan kesayangan pasti gak bisa lepas dari yang namanya helm. Barang satu ini sepertinya sudah jadi barang wajib buat orang yang hobi motor, apalagi yang suka touring keliling nusantara pake motor.

Nah, disini saya ingin sharing sedikit pengetahuan saya soal helm. Karena helm itu penting sekali buat keselamatan kita, ada baiknya kita kenal helm kita lebih dekat.

dot_helmet

‘SNI’, ‘DOT’, atau ‘SNELL’

Kita tahu, ketiga kata itu adalah akronim yang merupakan kode standard helm pelindung kepala. Ketiganya dikeluarkan oleh tiga pihak yang berbeda.
Ya, Standard Nasional Indonesia (SNI) wajib helm diterbitkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). SNI 1811-2007 mengadopsi standar internasional yang kualitasnya diakui dunia. SNI untuk helm itu berlaku hampir bersamaan dengan diterapkannya Undang Undang (UU) No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Regulasi tersebut mewajibkan pemotor dan penumpangnya memakai helm berstandar SNI. Ada sanksi bagi pelanggar aturan tersebut. Bisa memilih didenda maksimal Rp 250 ribu atau penjara maksimal satu bulan.

helm-sni-dalam
SNI bak pedang bermata dua. Satu sisi untuk melindungi keselamatan pemotor. Helm yang berkualitas dan pemakaian yang benar diyakini mampu mereduksi fatalitas buruk akibat benturan di kepala. Sedangkan di sisi lain, SNI memproteksi industri domestik dari serbuan produk serupa yang tak memenuhi standar tersebut.
Di kalangan internasional dikenal beerapa macam standardisasi helm. Standard tersebut ada yang wajib dan ada yang tidak wajib. Untuk standard yang wajib di antaranya adalah DOT (Amerika Serikat), E2205 (Eropa), dan AS/NZ 1698 (Australia).
Sedangkan yang tidak wajib adalah Snell (Snell Foundation) dan BSI (United Kingdom).
Selain itu ada juga standard sesuai Negara tertentu seperti SNI (Indonesia), SRIM (Malaysia), dan KS Standard (Korea Selatan).

Jadi, setelah kita tahu beberapa standar tersebut, kita bisa lebih bijak dalam memilih helm yang akan kita pakai.

Keep riding and keep safety.

Advertisements

2 thoughts on “Yuk, kenal lebih dekat helm kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s