Rossi vs Stoner di 5 race yang tak terlupakan

Rivalitas antara Casey Stoner dan Valentino Rossi secara tak terduga kembali mencuat selama beberapa hari terakhir. The Doctor, seperti yang dikutip majalah Dainese, “Legends” mengatakan bahwa  Stoner masih belum bisa menerima kekalahannya di Laguna Seca 2008, sementara Stoner pun membalas dengan mengatakan bahwa Rossi sekarang lebih berani karena sekarang ia pensiun.

Rasanya kita perlu melihat kilas balik duel di Laguna Seca 2008, apakah itu race paling panas antara Stoner dan Rossi? Coba kita tilik beberapa race penting duel antara dua legenda MotoGP tersebut.

1. Barcelona 2007

28033_450276261687716_1573744181_n

Tahun pertama dan kemenangan (juara) pertama Stoner di MotoGP bersama Ducati. Begitu mengejutkan, pembalap Australia ini meraih 3 kemenangan (Qatar, Turkey, China) di musim ini, sedangkan Valentino baru dua (Jerez dan Mugello). Keduanya bersaing dengan Pedrosa di posisi ketiga yang membayang-bayangi.

Valentino dan Stoner berganti-gantian memimpin di race ini, tapi rider asal negeri kangguru tersebut berhasil unggul di lap terakhir dengan Rossi berada di posisi kedua terpaut 0,69 detik di belakang.”Battle luar biasa, dengan aksi overtaking yang mengagumkan di beberapa tempat tertentu, saya sangat menikmatinya!”, ujar Rossi.
 
2. Donington 2008
 
225825_stoner+rossi+and+pedrosa+on+the+podium+at+donington+motogp-1280x960-jun22.jpg._slideshow_169
 
Juara bertahan 2007, Casey Stoner memulai musim 2008 dengan sukses, diawali kemenangan di Qatar. Mengalami kesulitan dan membuat kesalahan ia tak bisa meraih podium tertinggi selama 5x berturut-turut dan harus rela menyerahkan kemenangan beruntun kepada Valentino Rossi. Namun di Donnington Stoner berhasil meraih kemenangan di depan pimpinan klasemen sementara Valentino dan Pedrosa.
 
Tapi kemenangan tersebut tampaknya tak bisa diterima oleh fan Inggris, ketika berdampingan di podium bersama The Doctor, ia dicemoohi dan disorak penonton ketika melakukan lap penghormatan.
 
“Mereka menghinaku :evil: , apa yang mereka inginkan? Apa mereka ke sini mau menonton balapan? Ini bukanlah cara yang bagus datang ke trek menonton dan  melakukan hal seperti itu”, keluh Stoner.
 
Di bawah langit hitam Inggris, Stoner mengalahkan Rossi ternyata tak menerima tepukan yang layak dari para penonton.
 
3. Laguna Seca 2008
 
US-MOTO-PRIX
Di race ini telah terjadi tumpahan kata-kata :D . Keunggulan Casey Stoner, taktik brilian Valentino Rossi, overtaking di corkscrew, yang rupanya berpengaruh pada kejiwaan Stoner (dua race berturut-turut di Misano dan Brno), keduanya saling bersinggungan lebih dari dua kali dengan hasil Rossi yang unggul.
 
“Kami melakukan battle tapi ada beberapa manuvernya (Rossi, red.) yang keterlaluan”, keluh Stoner  sebelum menolak uluran jabat tangan Rossi, yang lagi-lagi diabadikan kamera, sangat kontras dengan senyum nakal Valentino Rossi yang berkomentar secara singkat, “Ini balapan bung!… Semua bisa terjadi!”
 
4. Sachsenring 2010
Rossi-Sachsenring-2010
 
Dua tahun berikutnya persaingan Stoner dan Rossi menurun tajam dan gelar juara layaknya hanya khayalan belaka. Tapi ada kesempatan untuk mengenyahkan ketidakpuasan tersebut dengan adanya kans balas dendam antara Stoner Rossi di Sachsenring, usai Rossi pulih dari kecelakaan yang menimpanya di Mugello. The Doctor membalap tanpa ada tekanan, tapi nampaknya  cukup mengejutkan dengan kondisi patah kaki ia sepertinya berhasil finish di posisi ketiga. Namun Stoner, masih saja melakukan gerakan agresif di tikungan terakhir.
 
“Stoner semakin cepat sewaktu ia melihatku, pastinya itu motivasi baginya”, ujar Rossi usai race. “Ketika saya memasuki tikungan terakhir, saya pura-pura mengamuk seperti halnya di Laguna Seca, kemudian saya membuatnya mengerti bahwa saya hanya bercanda, jika itu terjadi seperti di Laguna Seca, maka bisa-bisa Stoner sakit perut”, canda Rossi.
 
5. Jerez 2011
 
applausi2
 
Tahun berikutnya Stoner pindah ke Honda sementara Rossi mewarisi Desmosedici dengan hasil yang mengecewakan. Di GP kedua,  sepertinya Stoner bisa meraih podium bahkan kemenangan, namun di tikungan pertama Rossi menggeretnya jatuh bersama, alias crash :( , Valentino masih bisa  bangkit dan melanjutkan race lagi, namun tidak halnya dengan Casey Stoner. Usai race, secara sarkasme terlihat Casey Stoner memberikan tepukan kepada Rossi di pinggir trek.
 
Kontroversi pun berlanjut di pit usai race, Valentino masuk ke pit HRC, masih mengenakan helm dan memberikan isyarat permintaan maaf  yang direspon oleh Stoner : “Ambisimu melebihi bakatmu”.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s